Gunung Sinabung Meletus Lagi




Selasa dini hari tadi, tepat pukul 00.25 WIB Posko PMI di Kabanjahe melaporkan, Gunung Sinabung kembali meletus. Kali ini, letusannya lebih kuat daripada letusan yang terjadi pada hari Jumat lalu (3/9).

Berdasarkan keterangan pers dari PMI, Gunung Sinabung meletus bersamaan dengan getaran gempa vulkanik dan bunyi gemuruh. Letusan tengah malam tadi, lebih kuat tiga kali lipat daripada letusan yang terjadi pada Jumat lalu (3/9). Situasi saat itu sedang turun hujan. Hal itu dikatakan Khairunsyah selaku Koordinator Posko PMI sekaligus koordinator lapangan untuk penanggulangan bencana Gunung Sinabung, langsung dari Kabanjahe, Kabupaten Tanah Karo, Selasa dini hari tadi (7/9).

Ia juga menyampaikan bahwa saat letusan terjadi, masih ada puluhan warga yang sedang bertugas menjaga wilayah kampungnya masing-masing. Mereka tersebar di 16 desa yang letaknya 3 km dari lokasi Gunung Sinabung.

Terkait warga yang belum kembali ke pengungsian, Khairunsyah menjelaskan, “Kemungkinan besar mereka sudah menyelamatkan diri. Untuk sementara, belum ada kabar bahwa mereka kembali ke lokasi pengungsian. Para warga ini, sedang bertugas menjaga kampungnya bersama personil TNI dan Polri.”

Tanggap darurat yang recananya akan berakhir pada tanggal 9 September, akan diperpanjang kembali hingga waktu yang belum dipastikan, tergantung kondisi.
"Seharusnya tanggal 9 September berhenti, biasanya 14 hari, tapi diperpanjang. Yang paling penting masyarakat harus memahami situasi .sehingga tidak ada kecemasan yang berlebihan," ungkap Menteri Sosial Salim Segaf Al-Jufrie, kepada wartawan, di Medan,Selasa (07/09).

Berkaitan dengan perkembangan terbaru itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dikabarkan menunda kepulangannya ke Jakarta

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berita Duka Cita Berpulangnya St. H.A. Simatupang Mantan Komandan Sektor II Subter VII /Tapanuli Selatan.