BEDAH BUKU Kol. Alex Kawilarang "Untuk Sang Merah Putih"

LATAR BELAKANG
Keprihatinan atas kondisi saat ini, dimana generasi muda hampir tidak memiliki keterkaitan lagi dengan sejarah perjuangan berdirinya NKRI. Bahkan dengan tekanan ekonomi yang semakin berat, banyak orang yang hanya mampu memikirkan apa yang harus dilakukan hari ini dan tidak lagi bisa menatap ke depan, apalagi menengok ke belakang.
keadaan semacam ini, bila dibiarkan berlarut-larut, lama kelamaan akan mengikis ingatan generasi muda akan perjuangan para pendahulu kita dalam memperjuangkan berdirinya NKRI. Sehingga pada akhirnya semangat juang sebagai suatu bangsa yang besar akan melemah, dan berujung pada hilangnya kekuatan dan keberanian berkorban dalam mempertahankan keutuhan NKRI.

TUJUAN
mensosialisasikan sejarah perjuangan di masa perang kemerdekaan agar lebih dipahami dan dihayati oleh generasi muda. Sehingga tidak terjadi kelak, bahwa prasasti dan monumen hanya menjadi batu hiasan diujung kota, dan nama-nama pahlawan hanya menjadi sederet huruf tanpa makna.

PENYELENGGARA
Himpunan SAHABAT SEJARAH dan FORUM KOMUNIKASI PUTERA/I PEJUANG SUB TERRITORIAL VII TAPANULI dan SUMATERA TIMUR SELATAN bersama-sama menyelenggarakan acara “BEDAH BUKU ALEX KAWILARANG, UNTUK SANG MERAH PUTIH”.

MENGAPA ALEX KAWILARANG?
Alex Kawilarang adalah salah satu pejuang yang berjiwa merah putih sejati. Beliau adalah pejuang dengan sederet prestasi, antara lain Panglima TT I Bukit Barisan Pertama, Panglima TT VII Wirabuana pertama, Panglima TT III Siliwangi ke V, pendiri KOPASSUS (dahulu bernama KESKO SILIWANGI) dan PENANGGUNG JAWAB KEAMANAN KONFERENSI ASIA AFRIKA TAHUN 1955. Beliau tetap setia kepada NKRI sampai akhir hayatnya. Meskipun beliau seorang militer, namun beliau berpendapat, bahwa dalam perang kemerdekaan, unsur patriotisme seluruh bangsalah yang paling utama dalam mencapai kemerdekaan. Hal ini sesuai dengan dalam UUD 1945 pasal 30, bahwa setiap warga negara berhak dan wajib turut dalam pembelaan negara.


RENCANA ACARA
Waktu Acara : Kamis, 3 Juni 2010, pukul 13.30 – 16.30
Tempat : Aula Gedung Perpustakaan Nasional,
Jalan Salemba Raya 28a, Jakarta Pusat
Acara : Keynote-speaker, Jenderal TNI (purn) Agum Gumelar
Pembicara, Mayjen TNI Hotma Pandjaitan (dalam permohonan).
Pembicara, Ibu Jaleswari P, LIPI (dalam permohonan).
Moderator, Fadli Zon, IPS
Saksi Sejarah, Bp. Oetarjo, Prof.DR.Ir.Tunggul Sirait
PANITIA
Penasehat : Letjen TNI (purn) Kemal Idris
Letjen TNI (purn) Kharis Suhud
Bp. Oetarjo
Prof. DR. Ir. Tunggul Sirait
Ibu Rani D. Sutrisno
Bp. Aristides Katoppo
Ir. Edwin Kawilarang

Ketua Panitia : Capt. Sahattua P. Simatupang, MM
Wakil Ketua : Ria Prawirasuta
Sekretaris : Ryansyah
Bendahara : Risna

SUMBER DANA
Keluarga Forum Komunikasi Putera/I Pejuang Sub Teritorial VII dan keluarga Pejuang lainnya, teman dan sahabat, serta donasi lain yang tidak mengikat.
Demikianlah rencana acara kami, semoga bermanfaat.
MERDEKA!!

Jakarta, 28 April 2010

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berita Duka Cita Berpulangnya St. H.A. Simatupang Mantan Komandan Sektor II Subter VII /Tapanuli Selatan.